PKS Hibur Masyarakat Semarang dengan Ketoprak Humor - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » PKS Hibur Masyarakat Semarang dengan Ketoprak Humor

PKS Hibur Masyarakat Semarang dengan Ketoprak Humor

Kamis, 18 April 2013 | 11.32



image
Pentas Ketoprak Humor
Semarang, PKS Jateng Online - Dalam rangka Milad yang ke 15, PKS akan memenampilkan hiburan ketoprak humor secara gratis di PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah hari ini (18/04/12).

Hiburan tradisional yang mulai ditinggalkan masyarakat ini adalah sejenis seni pentas yang berasal dari  Jawa. Dalam sebuah pentasan ketoprak, sandiwara diselingi dengan lagu-lagu Jawa, yang diiringi dengan gamelan disajikan. 

Tema cerita dalam sebuah pertunjukan ketoprak bermacam-macam. Hampir sama dengan ludruk, ketoprak merupakan drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian dan digelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cuplikan cerita dari sejarah, cerita panji, dongeng dan lainnya dengan diselingi unsur humor.

Ketoprak muncul pada tahun ± 1922 pada masa Mangkunegaran. Kesenian ini diiringi musik dari gamelan yang berupa lesung, alu, kendang dan seruling. Karena cerita atau pantun-pantunnya merupakan sindiran kepada Pemerintah atau Kerajaan maka kesenian ketoprak ini dilarang.

Namun kesenian rakyat ini akhirnya tetap berkembang di pedesaan/ pesisiran. Setelah sampai di Yogyakarta ketoprak disempurnakan dengan iringan gamelan Jawa lengkap dengan tema ceritanya mengambil babad sejarah, cerita rakyat atau kerajaan sendiri. Ketoprak ini dilakukan oleh beberapa orang sesuai dengan keperluan ceritanya.

Modernisasi semakin meredupkan seni tradisional ini. Masyarakat semakin jarang menggelar pertunjukan yang satu ini, padahal pertunjukan ini kaya akan filosofi.  Dengan demikian dalam momentum milad ini, PKS berharap seni pertunjukan ini semakin diminati masyarakat dan dijaga kelestariannya. Apa lagi momen ini adalah momen sosialisasi yang baik, dimana seluruh kader dan simpasitan dari berbagai daerah akan hadir meramaikan acara milad dan seluruh warga Jawa Tengah akan hadir meramaikan acara ini.  (AbAz/Yuniar)

sumber:http://milad.pksjateng.or.id/index.php/read/news/detail/1017/PKS-Hibur-Masyarakat-Semarang-dengan-Ketoprak-Humor

Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger