PKS Minta KPU Pakai Teknologi untuk Pemilu Transparan - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » PKS Minta KPU Pakai Teknologi untuk Pemilu Transparan

PKS Minta KPU Pakai Teknologi untuk Pemilu Transparan

Kamis, 18 April 2013 | 11.11


PKS Minta KPU Gunakan Teknologi Ciptakan Pemilu Transparan

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum gunakan perangkat teknologi dalam sejumlah tahapan Pemilu 2014 seperti Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih), Silog (Sistem Logistik), Situng (Sistem Informasi Penghitungan) dan Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Partai Keadilan Sejahtera berharap adanya penggunaan teknologi membuat pemilu lebih transparan. Persoalannya, karena terbuka manipulasi data, PKS akan ikut mengawasi dan mengajak semua pihak melakukan hal yang sama untuk menciptakan pemilu adil dan transparan.

"Ini kesempatan lembaga pengawas pemilu, juga lembaga independen yang menggalakkan pengawas pemilu. Ini. Yang harus dimainkan dan didorong. Saya pikir bukan oPKS saja tapi peserta politik lainnya," ujar Sekjen DPP PKS Taufik Ridlo kemarin.

Pernyataan Taufik diamini Presiden PKS Anis Matta yang mengakui memang penggunaan perangkat teknologi membuatnya lebih mudah. Tapi bukan berarti pengawasannya tidak ditingkatkan.

"Sekarang ada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sehingga kontrol lebih tepat. Saya pikir sekarang penyelenggara pemilu jauh lebih sempurna. Sehingga kontrolnya jauh lebih tepat," papar Anis yang akan pantai seluruhnya.

Sekjen KPU Arif Rahman Hakim menyatakan, untuk mendukung teknologi di atas KPU alokasikan anggaran cukup besar, salah satunya pengadaan perangkat teknologi untuk menunjang tahapan dengan menggandeng BPPT, Kemenkominfo dan Lembaga Sandi Negara.

"Anggaran pengadaan seluruh IT sekitar Rp 40 miliar dari Rp 5 triliun. Ini untuk seluruh IT tingkat KPU Pusat, Provinsi sampai Kabupaten atau Kota," ujar Sekjen KPU, Arif Rahman Hakim usai MoU antara KPU dan LKPP, Jakarta, Senin (15/4/2013).

Menurut Arif, ongkos belanja paling banyak dalam pengadaan barang dan jasa IT KPU adalah belanja bandwith atau jaringan. KPU mengharapkan segala data dan informasi secara online paling tidak tersambung sampai tingkat PPK.

 sumber:http://www.tribunnews.com/2013/04/17/pks-minta-kpu-gunakan-teknologi-ciptakan-pemilu-transparan
Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger