Pengemis Itu Beromzet 15 Juta - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » Pengemis Itu Beromzet 15 Juta

Pengemis Itu Beromzet 15 Juta

Selasa, 09 Juli 2013 | 15.37


Saya membaca di salah satu berita, salah seorang pengemis mengaku bahwa umumnya pendapatan mengemis mereka per hari 300-500rb, dan paling apesnya dapet 200rb per hari. Ckckck coba kalikan angka tersebut dengan 30 hari ( 1 bulan), jadi berapa juta pendapatan mereka per bulan?

Sebulan bisa 10jt -15jt, seperti gaji manajer perusahaan menengah.

Mengemis saat ini bukan karena darurat membutuhkan, tapi menjadi sebuah pekerjaan. Tidak heran usaha pemerintah untuk rehabilitasi mereka untuk menjadi UKM tidak berhasil. Mana mau orang yang sudah biasa "nyadong" tangan bisa dapat 300rb - 500rb sehari, harus kerja keras jualan atau home industri yang mungkin cuma dapat 100rb - 200rb sehari.

Ada lagi satu kampung di suatu daerah yang 80% penghuninya bermata pencaharian mengemis dan rumah mereka sangat bagus, memiliki rumah, hewan ternak dan kendaraan. Istilahnya, mengemis di kota, hidup mewah di desa. Hmmm... Bahkan ada juga yang sudah bisa naik haji dengan uang hasil mengemis. Bagaimana hajinya di mata Allah? Hanya Allah yang tau..

Biasanya, pengemis anak-anak itu ada penggeraknya. Katakanlah preman, yang katanya menguasai daerah tersebut. Anak- anak disuruh mengemis untuk kemudian hasilnya sebagian besar diserahkan kepada si preman. Jadi kalau masyarakat menyumbangkan uangnya bagi pengemis anak-anak, itu artinya memakmurkan anak-anak tersebut, atau preman sang raja jalanan?

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa meminta-minta harta orang untuk memperkaya diri, sebenarnya ia hanyalah meminta bara api. Oleh karenanya, silahkan saja meminta sedikit atau banyak." Riwayat Muslim.

Dari Zubair Ibnu al-'Awwam Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Seorang di antara kamu yang mengambil talinya, lalu datang dengan seonggok kayu di atas punggungnya, kemudian menjualnya dan dengan hasil itu ia menjaga kehormatannya adalah lebih baik daripada ia meminta-minta orang yang terkadang mereka memberinya atau menolaknya." Riwayat Bukhari

Dari Qobishoh Ibnu Mukhoriq al-Hilaly Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya meminta-minta tidak dihalalkan kecuali bagi salah seorang di antara tiga macam, yakni orang yang menanggung hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, kemudian ia berhenti; orang yang tertimpa musibah yang menghabiskan hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup; dan orang yang ditimpa kesengsaraan hidup sehingga tiga orang dari kaumnya yang mengetahuinya menyatakan: "Si fulan ditimpa kesengsaraan hidup." ia boleh meminta-minta sampai mendapatkan sandaran hidup. Meminta-minta selain tiga hal itu, wahai Qobishoh, adalah haram dan orang yang memakannya adalah memakan yang haram." Riwayat Muslim, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban.  

Dari Ubaidillah Ibnu Adiy Ibnu al-Khiyar Radliyallaahu 'anhu bahwa dua orang menceritakan kepadanya bahwa mereka telah menghadap Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam untuk meminta zakat pada beliau. Lalu beliau memandangi mereka, maka beliau mengerti bahwa mereka masih kuat. Lalu beliau bersabda: "Jika kalian mau, aku beri kalian zakat, namun tidak ada bagian zakat bagi orang kaya dan kuat bekerja." Riwayat Ahmad dan dikuatkan oleh Abu Dawud dan Nasa'i. 

Dibandingkan pengemis, kita lebih menghargai orang-orang seperti ini




mereka bekerja dan berusaha.bagaimana jika mereka melihat temannya yang sehat mengemis lantas mendapatkan uang yang lebih banyak dari mereka yang banting tulang bekerja?

Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger