BW Mantan Lawyer LPS Terkait Century, PKS Walk Out - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » BW Mantan Lawyer LPS Terkait Century, PKS Walk Out

BW Mantan Lawyer LPS Terkait Century, PKS Walk Out

Kamis, 06 Juni 2013 | 00.47




Rapat Timwas Century dengan KPK siang tadi berlangsung memanas. Salah satunya karena aksi PKS yang banyak mengkritik KPK hingga akhirnya walkout.

Adalah pernyataan pimpinan KPK Bambang Widjojanto yang memicu walkout-nya PKS. Bambang menyinggung level pengetahun timwas soal kasus Century. Atas pernyataan ini, PKS menyerang balik KPK dengan menyatakan Bambang tak layak hadir di timwas.

Bambang disebut pernah menjadi lawyer LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang diduga terkait kasus Century, meski setelah jadi pimpinan KPK profesi itu dilepas. Kedua, Bambang pernah berjanji pada Timwas tak akan terlibat dalam penanganan kasus Century.

Maka sebagai jalan tengah atas pro kontra itu, pimpinan rapat Sohibul Iman menggelar voting alias meminta pandangan fraksi soal perlu tidaknya Bambang tak perlu hadir rapat Century.

"Saya kira bisa (hadir), kita butuh informasi. Saya kira ada kedewaasan kita menilai apakah informasi itu ada conflict of interest atau tidak," kata anggota Timwas Fraksi Partai Golkar Chairuman Harahap.

Tanggapan senada disampaikan oleh Fraksi Partai Demokrat yang disampaikan Gede Pasek Suardika. Menurutnya, yang terpenting adalah informasi yang dimiliki Bambang terkait penanganan kasus Century.

"Jadi di forum ini kan mencari tahu, masalah ada interest atau tidak masing-masing fraksi bisa menakarnya. Tapi yang penting informasinya dapat," kata Pasek.

"Jangan hanya masalah individual informasinya tidak dapat, padahal dari informasi itu kita bisa tentukan dan mengambil sikap. Kami tak keberatan Pak Bambang hadir," imbuh ketua DPP PD itu.

Begitu juga dengan Fraksi Hanura yang disampaikan Syarifudin Sudding. "Saya kira pimpinan KPK diundang kita ingin tahu bagaimana progresnya. Jadi dalam undangan tak hanya satu dua, tapi kolegial pimpinan KPK," kata Sudding.

"Bahwa ada conflict of interest saudara Bambang, harus dipilah apakah berkaitan dengan interest dirinya atau tidak. Saudara Bambang yang paham, saya kira Hanura tak keberatan," tegasnya.

Begitu juga dengan fraksi lainnya yang sepakat agar Bambang tetap ikut menangani kasus Century. Pandangan sedikit berbeda disampaikan oleh Fraksi PPP, oleh Ahmad Yani.

"Apakah hanya Bambang yang memahami yang lain tak paham? Ini memang strategi penyidikan, tapi bukan berarti ada yang istimewa. Saya nggak keberatan saudara Bambang hadir," kata Yani.

Nah, dari seluruh pandangan fraksi itu, hanya PKS yang menolak sendiri. PKS tegas tak ingin ada Bambang dalam rapat Century.

"Waktu Bambang mengatakan tak akan terlibat Century, saya tahu bagi penegak hukum etika lebih tinggi dari hukum. Jadi orang tidak boleh interestkan dirinya dengan apapun," kata Fahri lantang.

Fahri menuding kasus Century ujungnya adalah LPS dimana Bambang pernah menjadi pengacaranya. Ia juga tersinggung dengan pernyataan Bambang yang seolah merendahkan dirinya.

"Anda mulai melecehkan dewan juga, tapi dewan lebih tinggi. Saya nggak suka cara anda memperlakukan dewan seperti ini.
Menurut saya saudara Bambang tak layak!" kata Fahri.

Namun meski PKS bersuara keras, keputusan seluruh fraksi adalah tetap meminta Bambang tetap hadir. PKS yang berbeda pandangan pun memutuskan walkout dari rapat timwas Century. Meski sang pimpinan rapat yang juga PKS Sohibul Iman, tetap di ruangan.

Usai PKS keluar, ketua KPK Abraham Samad menjelaskan sedikit terkait posisi Bambang dalam penanganan kasus Century.

"Ada beberapa ekspose tertentu Pak Bambang tak hadir, jadi tidak ikut dalam vote pengambilan keputusan (pimpinan KPK). Maka kita persilakan pak Bambang tak ikut dalam vote, dan ini juga pertimbangan yang bersangkutan," kata Samad.

sumber:http://news.detik.com/read/2013/06/06/000208/2266220/10/timwas-century-bambang-widjojanto-tetap-dibutuhkan-di-rapat?9911012
Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger