Kini Warga Balonggede Bisa Minum Air Cikapundung - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » Kini Warga Balonggede Bisa Minum Air Cikapundung

Kini Warga Balonggede Bisa Minum Air Cikapundung

Jumat, 03 Mei 2013 | 13.59

Kini Warga Balonggede Bisa Minum Air Cikapundung


 
Bandung - Imas, warga RT 2 RW 4 Kelurahan Balonggede Kecamatan Regol, tersenyum sumringah. Dia tak perlu repot lagi menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli air galon untuk minum.

Mulai hari ini, Jumat (3/5/2013), Imas dan warga sekitar bisa menikmati air Sungai Cikapundung yang mengalir di sekitar daerah itu. Air sungai yang sebelumnya tidak bisa dikonsumsi, melalui sentuhan teknologi karya ahli sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) Rusnandi, warga cukup memasak air hasil olahan.

"Alhamdulillah air Cikapundung yang dulu musuh karena kerap jadi penyebab banjir, kini bisa diminum, walaupun harus dimasak dulu. Jadi nggak perlu beli lagi air galon," kata ibu setengah baya ini.

Solusi pemanfaatan air Sungai Cikapundung itu berasal dari hibah Ridwan Kamil. Bakal Calon Wali Kota Bandung dari PKS dan Gerindra ini memberikan secara simbolis teknologi seharga hanya Rp8 juta ini.

"Air Cikapundung ini sudah menjadi bersih memakai filter karya anak bangsa. Kita ajak orang pintar untuk membangun kotanya sendiri. Alhamdulillah sekarang air dipakai cuci, kakus, dan mandi. Volume toren ini bisa untuk 80 kepala keluarga atau sekitar 300 jiwa. Konsep filter ini sangat murah," ucap Ridwan.

Sebelum diserahkan kepada warga, Ridwan mengaku pernah mencoba kualitas air dengan cara meminumnya. Selama tiga hari, dia tidak merasakan gangguan apapun di pencernaannya.

"Saya jadi kelinci percobaan. Hasil penelitian, kualitas PH airnya 7 sampai 9 sesuai standar Kementrian Kesehatan sehingga bisa dikonsumsi. Ternyata memang saya tidak ada apa-apa. Saya akhirnya memutuskan menyumbang filter air ini," tandasnya.

Dia menuturkan PDAM memiliki keterbatasan karena hanya mampu memenuhi 60 persen warga Kota Bandung.

"Jadi ada 40 persen warga tidak terlayani atau ada warga yang tidak bisa mendapat air bersih. Kalau daerah ini bisa (memakai filter air), kalau 10 titik saja maka bisa terlayani 3.000 jiwa. Air 44 sungai di Bandung bisa dipakai dengan fasilitas ini dan bisa jadi sumber kehidupan. Air sungai bukan numpang lewat," kata Ridwan.

Agus Rais, praktisi air jernih yang mendampingi Ridwan Kamil, menyatakan, sebelum dipakai warga, air Sungai Cikapundung ditampung dalam sumur. Kemudian air disedot menggunakan jet pump untuk dialirkan ke bak. Tetapi sebelumnya, air tersebut disaring menggunakan 3 tabung filter.

"Sumber air ditarik ke toren menggunakan jet pump. Lalu air dialirkan ke filter pertama berisi silica. Kemudian ke filter kedua berisi filter batu hijau atau ziolit. Dan filter ketiga berisi karbon aktif. Semua sudah terjadi pengendapan dengan teknik mirohidrolik. Hasilnya air sudah bagus," tegasnya.

Dia mengaku, teknologi itu sudah dipakai di tiga titik yakni Masjid Assyuhada Sukajadi, Masjid Assadikun Sukagalih, dan Balonggede, serta titik-titik Kabupaten. Dia merasa teknologi ini tidak mungkin dipakai oleh pemerintah karena belum ada itikad baik dari pejabat berwenang.

"Padahal biayanya murah, tergantung pemakaian. Perhitungan saya sekitar Rp8-10 juta. Sekarang mending kerjasama dengan masyarakat, perorangan saja," pungkasnya.

sumber:http://m.inilah.com/read/detail/1985294/kini-warga-balonggede-bisa-minum-air-cikapundung
Share this article :

1 comments:

Antena Tv Bagus Wajanbolic mengatakan...

Antena Tv Bagus Wajanbolic,yg unik,awet,cocok & jernih untuk TV LCD,TV LED,TV Plasma,TV Digital & Tv Model Lama.
Yang Senang Nonton Sepak bola Liga Dunia tanpa diacak
lebih asyik nonton Tv dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic!

Nonton TV lebih Asyik Dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic

http://antenatv-rakitan.blogspot.com/

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger