PKS Daftarkan Bacaleg Secara Serentak - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » PKS Daftarkan Bacaleg Secara Serentak

PKS Daftarkan Bacaleg Secara Serentak

Selasa, 09 April 2013 | 11.10

Ilustrasi Kampanye PKS

Jakarta - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sahfan Badi Sampurno mengungkapkan bahwa pada Selasa (9/4), pihaknya akan melakukan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) serentak di KPU Pusat hingga KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota. Hal tersebut dilakukan setelah PKS sudah merampungkan penyusunan daftar calon legislatif setiap tingkatan, mulai nasional hingga tingkat kabupaten dan kota.

"Betul besok kami akan mendaftarkan serentak, kami sedang update kesiapan masing-masing daerah dengan mengejar pemenuhan syarat administrasi caleg. Berkas masih kita rapihkan," ujarnya kepada Beritasatu, Senin (8/4).

Ditambahkannya, untuk legislatif tingkat nasional, calon yang diusung jumlahnya lebih rendah dari alokasi kursi. Dari maksimum 560 bakal calon, PKS mengajukan 476 calon saja. Untuk daftar calon legislatif tingkat provinsi, kabupaten, dan kota sudah selesai sejak sepekan lalu. Sementara daftar calon legislatif tingkat nasional baru selesai Minggu (7/4)

Hal senada juga dikatakan oleh ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, Selamat Nurdin. Ia menegaskan, dengan dibukanya pendaftaran bakal calon legislatif besok secara serentak, maka PKS sebagai partai kader ingin membuktikan sudah mempersiapkan rekruitmen bacaleg jauh-jauh hari.

"Untuk caleg dari partai lain di partai kami tidak bisa langsung masuk begitu saja. Minimal enam bulan sebelumnya ikut training bersama. Kalau sekarang tidak mungkin. Alasannya kita kan partai kader, jangan kita berteman kalau ada maunya saja. Jangan sampai numpang perahu saja, harus sesuai platform yang ada," terangnya.

Hal itu dilakukan karena PKS dalam penyusunan caleg mengedepankan kapasitas yang mumpuni. Berbeda dengan partai lain yang melakukan "open recruitment". Penentuan nama-nama caleg PKS menurutnya dilakukan dengan mengutamakan penilaian kompetensi dan prestasi.
Pemilihan caleg PKS, tambahnya, tidak dilakukan melaluo sistem terbuka, melainkan dengan mempertimbangkan kredibilitas dan "track record" para calon.

Selamat menambahkan, untuk meminimalisir golput salah satu fungsi partai itu mendidik masyarakat agar masyarakat punya harapan dengan partai. Jadi harapannya minimal setiap partai bekerja ke simbol masing-masing untuk pastikan bahwa mereka ikut dalam pesta demokrasi.
Ketika ditanya apakah masalah kasus import sapi yang menimpa PKS akan memiliki dampak, menurutnya, setiap partai punya masalah masing-masing, sehingga aksi dan reaksi tidak mungkin dipungkiri. PKS sendiri mempersiapkannya dengan cara menjawabnta melalui peningkatan kerja-kerja parpol, agar PKS tidak terpuruk karena satu masalah saja.

Terkait pendanaan caleg sendiri, Selamat memaparkan, PKS akan membiayai bacaleg secara administratif seperti biaya kesehatan, pelatihan, training-training yang dilakukan partai, serta tes psikologi, sementara untuk dana kampanye dibebankan kepada masing-masing caleg.

"Proses menjadi caleg PKS tidak dibebankan biaya, malah sebaliknya, partai akan membiayai. Dengan demikian para caleg terpilih kelak diharapkan akan bekerja sebagai wakil rakyat yang benar-benar berjuang untuk rakyat," tuturnya.

Sebagai ketua DPW PKS DKI Jakarta, Slamat sendiri menargetkan 23 hingga 26 persen dari kursi DPRD DKI Jakarta yang totalnya berjumlah 106 kursi.
"Kalau sekarang posisinya 17 persen, tahun 2004 itu kita 22,5 persen. Th 2009 17,5 persen. Tahun ini kita akan kembalikan sekitar 23 hingga 26 persen," terangnya.

Catatan penting dalam kampanye caleg, Slamat menegaskan bahwa hendaknya para caleg jangan saling menghantam calon yang lain di satu partai. Karena itu perlu bertemu bersama untuk menangkan di dapil masing-masing baik soal pendanaan mau efisien seperti apa dan efektifnya seperti apa.

"Kita ingin menggaris bawahi agar pileg ini jangan terpecah-belah, parpol harus sama-sama menjaga harmonisasi," imbuhnya.


sumber:http://www.beritasatu.com/politik/106593-besok-pks-daftarkan-bacaleg-secara-serentak.html

Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger