KH Surahman Hidayat: PKS Tidak Anti Tahlilan - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » KH Surahman Hidayat: PKS Tidak Anti Tahlilan

KH Surahman Hidayat: PKS Tidak Anti Tahlilan

Kamis, 04 April 2013 | 07.46


Hidayatullah.com--KH Surahman Hidayat, Ketua Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan jika PKS bukanlah kelompok yang anti tahlilan.
"Sejak awal, PKS sesuai bayan dewan syariahnya tidak anti tahlilan," jelas Surahman kepada hidayatullah.com, Rabu (03/04/2013) sore.
Hal ini dibuktikan PKS dengan kegiatan ziarah dan tahlilan ke makam Sunan Kalijaga yang dilakukan Presiden PKS, Anis Matta Rabu ini.
Namun demikian, kata Surahman, tahlilan yang dilakukan PKS tetap menghindari unsur sinkretisme.
"Kita menghindari sinkretis, seperti penentuan hari-hari ke satu sampai hari ke 40, dan menjaga adab tahlil," jelasnya.
Seperti dikutahui,  Presiden PKS, Anis Matta melakukan safari dakwah ke wilayah Jawa Tengah dari Selasa hingga Jum'at (2-5/04/2013) mendatang.
Dalam kunjungannya ke Demak Rabu ini, Anis Matta menyempatkan berziarah dan tahlilan ke makam Sunan Kalijaga dengan didampingi beberapa pejabat Kabupaten Demak.
"Kunjungan ini mengembalikan memori kita tentang sejarah para penyebar Islam di Indonesia pada masa silam, sekaligus mendoakan orang yang sudah meninggal serta mengingat kematian adalah bagian dari sunnah," ujar Anis dalam sambutannya, dikutip laman resmi pks.or.id, Rabu (03/04/2013).
Menurut Anis, selain bersilaturahmi dengan ulama, kiai sepuh, dan warga sekitar Kadilangu, kunjungan ini juga memiliki akar sejarah Islam yang erat.
Anis lalu menjelaskan, sebelum Islam datang ke nusantara 1.000 tahun silam, Jawa adalah pusatnya Hindu. Kemudian para wali datang dan menjadikan Islam tersebar hingga seantero Jawa, bahkan Nusantara.
"Ini kerja dakwah yang luar biasa besar, dan kader PKS harus tahu itu," kata Anis.

Dalam kunjungannya ke makam Sunan Kalijaga, Anis Matta didampingi segenap struktur Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS juga melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya berdoa dan membacakan kalimat dzikir dan tahlil.
Lebih lanjut, Anis Matta juga mengungkapkan bahwa Partai yang dipimpinnya saat ini adalah bagian dari cita–cita Islam para Wali Songo.
“Kalau ada yang mengatakan bahwa PKS tidak melakukan tahlil, itu hanya image yang salah saja. Karena PKS memang murni dari sumber bacaan maupun misi gerakan adalah ahlusunnah wal jamaah," tegasnya.
Jadi, tambahnya, pemahaman kader PKS sama persis dengan pemahaman umat Islam di Indonesia, ahli sunnah wal jamaah.
“Kami juga baca kitab-kitab Syeikh Hasyim Asy'ari," imbuh Anis.
Dalam kegiatan kunjungan di Makam Sunan Kalijaga tersebut, turut serta juga para anggota DPR RI seperti Jazuli Juwaini dan Zuber Syafawi, segenap ulama dan kiai Demak, serta masyarakat wilayah sekitar.*


sumber:http://www.hidayatullah.com/read/27983/03/04/2013/kh-surahman-hidayat:-pks-tidak-anti-tahlilan.html
Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger