Ngurus “Rumah Tangga” Beres, Ngurus Negara Pasti Oke - )|( PKS Bae Kudus
Headlines News :
Home » » Ngurus “Rumah Tangga” Beres, Ngurus Negara Pasti Oke

Ngurus “Rumah Tangga” Beres, Ngurus Negara Pasti Oke

Selasa, 23 April 2013 | 23.26




Oleh: Ponco

Negeri ini sudah hampir 68 tahun merdeka. Indonesia, negeri yang sangat elok terbentang hingga penjuru cakrawala ini telah dipimpin oleh 6 nahkoda semenjak merdeka 1945 silam. Namun hinga detik ini negeri yang kaya raya nan elok itu tak kunjung bisa membuat seluruh rakyatnya sejahtera.

Kemiskinan sudah menjadi wajah bangsa ini, bangsa yang kata orang negeri seberang dulu dikenal santun kini sudah mulai berubah dengan mudahnya menghasut, menghina & menyakiti saudara sebangsanya.

Bencana alam yang datang silih berganti semakin menambah derita penduduk negeri ini. Kondisi negeri yang semua sumber daya alamnya ada ternyata tak semuanya bisa dinikmati oleh seluruh rakyatnya.  

Kekayaan emas & hasil buminya lebih banyak dikeruk & dinikmati oleh perusahaan-perusahaan asing yang tak peduli dengan pemilik sah kekayan negeri ini. Produk-produk impor membanjiri pasar-pasar rakyat membuat produsen-produsen lokal menangis tanpa bisa berbuat apa-apa. Para pedagang kecil pun kena imbasnya karena keuntungan mereka semakin kecil, itu pun masih bersyukur karena tidak sedikit yang harus gulung tikar karena terus merugi. 

Adik-adikku para siswa yang telah, sedang & akan mengikuti UN juga banyak yang menangis & cemas karena sistem & suasana ujian yang menyeramkan, tertunda karena naskah soal/lembar jawaban belum datang, tertukar, bla..bla..bla…….

Oh….., begitu burukkah tata kelola Negara tempatku berpijak ini??? Huufffth……siapa sih yang saat ini mengelola negeri yang kucintai ini? Masa anakku yang belum genap 2 tahun harus ikut menanggung beban hutang Negara ini? 

Di ranah politik negeri yang kusayangi ini juga sangat menyeramkan, dunia politik terasa kotor, penuh intrik, saling menjatuhkan, penuh fitnah, beda partai = musuh, penuh dengan mitos-mitos yang membuat rakyat terkungkung. Ngeri memang…….., sungguh mengerikan !!! :((

Aku coba merenung…..berpikir dengan jernih….mengapa negeriku tercinta ini jadi seperti ini??? Oowwh……….aku mulai menemukan jawabannya, ternyata negeri yang seharusnya bisa membuat rakyatnya hidup aman, nyaman & sejahtera ini dikelola oleh orang-orang yang salah sekaligus dikelola dengan manajemen yang salah pula. Satu per satu aku mulai tahu mengapa negeriku ini menjadi berantakan seperti ini….?

Aku mulai sadar mengapa mereka salah dalam mengelola negeri tempat meniti masa depan anak-anakku ini, aku mulai memahami mengapa mereka menerapkan manajemen yang salah dalam mengelola negeri yang dibangun dengan tetesan peluh & darah ribuan pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Ya…..pantas saja negeri ini berantakan karena orang-orang yang mengelola negeri ini juga berantakan. …., Menyelesaikan masalah “Rumah Tangganya” sendiri saja berbelit-belit , memakan waktu lama, menguras energi, gaduh, ribet, ribut apalagi mengurus Negara sebesar ini??? 
 
Belum lagi entitas-entitas “Rumah Tangga” yang lain urusan siapa yang yang menjadi “Kepala Keluarga” saja ributnya bukan main sampai-sampai ada anggota keluarganya pindah ke “Rumah Tangga” yang lain, Duuuh……baru saja memulai hidup baru kok udah rebut gimana nanti mengelola bangsa yang besar ini ya???

Ada juga yang “Rumah Tangganya” dikelola seperti “Kerajaan” padahal negaraku ini kan Negara Republik bisa-bisa negeriku ini dikelola seperti kerajaan pula, hadeeeewh……..parah2 x_x

“Rumah Tangga” yang satu ini apalagi……, “Rumah Tangga” ini punya andil membangun tirani otoriter yang cukup lama mengekang demokrasi selama 32 tahun lamamya. Meski mengaku berwajah baru tapi kulihat sama saja mentalnya masih sama seperti dulu……., Huuft……ga mau ah masuk mulut harimau lagi…..:D

Ada juga sih “Rumah Tangga – Rumah Tangga” lain yang katanya akan membawa perubahan baru Indonesia, Negara yang sangat indah pesona alamnya. Tapi….setelah kuperhatikan orang-orangnya bukan orang baru, bukan generasi baru negeri ini tapi orang-orang lama yang lari dari “Rumah Tangga” sebelumnya. Yaaach……sama aja dong cuma ganti casing aja, gimana mau membawa perubahan baru untuk Indonesia???

Bentar2……, masih ada satu yang hampir lepas dari perhatianku, “Rumah Tangga” ini cukup unik, tak terkait apalagi pelarian dari “Rumah Tangga” sebelum-sebelumnya. “Rumah Tangga” ini benar-benar orisinil , anggota keluarganya hidup rukun, rapih, tidak gaduh, tenang…, nyaman…., padahal latar belakang anggota keluarganya sangat heterogen saat ini, sepertinya manajemen pengelolaan “Rumah Tangganya” bagus. 

Memang sih barusan “Rumah Tangga” ini sempat terhempas badai & prahara, namanya juga hidup ber-“Rumah Tangga” pasti adalah riak-riak yang muncul. Tapi yang membuatku heran dan salut itu loh……..manajemen konflik “Rumah Tangga” ini luar biasa, simple, tegas, dan dengan cepat kembali bangkit,tenang, nyaman & bekerja lagi. Tidak terdengar kegaduhan, tak terlihat kecemasan & kekhawatiran di wajah-wajah anggota keluarganya dalam jangka waktu lama, ga ribet apalagi rebut bahkan malah menjadi momentum titik balik bagi “Rumah Tangga” ini untuk menjadi “Rumah Tangga” yang besar.

Hmmmm…….sepertinya “Rumah Tangga” yang nyaris terlewatkan dalam perenunganku ini yang menjadi harapanku saat ini, sekaligus jawaban dari perenunganku, sebuah contoh sederhana bagiku. 

Kemampuan “Rumah Tangga” ini dalam mengelola “Rumah Tangganya” sendiri dengan baik tanpa ribut, ribet & berbelit-belit menjadi pertanda bahwa “Rumah Tangga” ini mampu mengelola negeri tercintaku Indonesia sehingga tak ada lagi kegaduhan, tak ada lagi saling curiga, tak ada lagi fitnah, tak ada lagi bermusuhan, tak ada lagi mafia-mafia hokum & peradilan, tak ada lagi mafia-mafia impor, tak ada lagi mafia-mafia yang mempermainkan masa depan anak-anak bangsa, dan tak ada lagi politik yang menyeramkan karena ketiadaan semua keburukan itu akan membawa keberkahan, keberkahan akan menahan berbagai bencana.

Aku sangat rindu melihat Indonesia kembali mempesona, aku sangat rindu melihat rakyat Indonesia yang sejahtera kembali tersenyum bangga penuh cinta dan selalu bekerja dalam keharmonian negeri ini , aku sangat ingin melihat bagaimana ranah politik di negeriku ini menjadi sebuah ranah yang ramah, nyaman, menyenangkan, menentramkan dan bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia dari segala usia. Aku ingin sekali seperti tertulis dalam sejarah bagaimana Bung Karno & Bung Syahrir bisa berboncengan sepeda bersama dengan ramah bercengkerama meski kendaraan politik mereka berdua berbeda.

Oh…..betapa indahnya……….semoga harapanku ini juga menjadi harapan saudara-saudaraku sebangsa & setanah air, semoga segera terwujud……..Amin
Salam Cinta untuk semua…….


sumber:http://politik.kompasiana.com/2013/04/23/ngurus-rumah-tangga-beres-ngurus-negara-pasti-oke-554073.html
Share this article :

0 comments:

Post Terpopuler

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. )|( PKS Bae Kudus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger